The Turk(Boneka yang mampu bermain catur)

Di abad ke-18 di Eropa lagi demam boneka mekanik gan kayak gini gan. Boneka mekanik yang di gambar ini dari Jepang, yang namanya Karakuri.

Nah di tahun 1769 ada orang yang namanya Wolfgan von Kempelen dari Hungaria yang pengen mempersembahkan sesuatu gitu ke ratu Austria yang namanya Maria Theresia. Kempelen itu terinspirasi buat bikin The Turk karena waktu dia datang ke istana Schönbrunn itu ada acara sulap si François Pelletier. Akhirnya dia mikir kalo dia bakal balik lagi kesana dengan penemuannya yang keren.


The Turk

The Turk itu ukurannya sama kayak manusia dewasa, matanya abu-abu,punya jenggot, dan juga memakai jubah dari Turki(namanya juga The Turk yang artinya orang Turki ) yang namanya Turban. Tangan kiri The Turk itu megang pipa rokok khas Turki yang panjang. The Turk itu juga ceritanya lagi duduk didepan didepan meja catur, yang seolah-olah siap main catur. Nah yang perlu agan tau The Turk itu ternyata boneka yang mampu berpikir lho gan. Dan konon The Turk itu mengilhami dari penciptaan komputer


Perjalanan The Turk

Sesuai yang ane bilang tadi The Turk itu boneka yang bisa berpikir gan dan yang paling bikin kaget itu permainan The Turk itu menyesuaikan dengan permainan lawannya. Lawan pertama The Turk itu Sir Robert Murray Keith, bangsawan Skotlandia di istana Schönbrunn. Kabar boneka The Turk pun menyebar seantero daratan Eropa dan The Turk jadinya tur keliling Eropa. The Turk ternyata pernah ngelawan Napoleon Bonaparte, Ratu Ekaterina II dari Rusia, dan juga mantan Presiden Amerika Serikat Benjamin Franklin. Ternyata banyak juga lho yang minat sama The Turk dan rela ngeluarin uang banyak buat beli The Turk untuk ngobongkar rahasia The Turk, tapi ga ada satu pun orang yang ngebongkar rahasia The Turk.

Akhir dari The Turk

The Turk pun berakhir sudah. Tahun 1854 Museum Amerika terbakar termasuk The Turk. Rahasia The Turk pun terkubur didalam sejarah.




Spoiler for The Turk:



Spoiler for The Turk:


Spoiler for The Turk:


Spoiler for The Turk:



Spoiler for The Turk:



Cukup sekian dari ane gan semoga bermanfaat dan bermartabat


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10103319

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine