Hewan-Hewan Yang Juga Suka berpuasa


Ayam Betina


Spoiler for Ayam Betina:
Ayam betina melakukan praktik puasa setiap kali mengeram telurnya. Puasa itu dilakukan untuk meningkatkan suhu badan untuk mengerami telurnya. Induk betina dengan sabar harus mengerami telur-telurnya hingga ia tidak bisa sesuka hati beraktifitas, misalnya makan, minum, hingga membersihkan diri di bawah terik matahari. Ia harus konsisten memberikan kehangatan kepada calon anaknya yang masih di dalam telur. Begitu setia dan sabarnya, ayam betina harus puasa menikmati keindahan dunia. Ia akan sabar di sarangnya sampai telur-telur itu menetas. Ia tidak bisa seenaknya pergi meninggalkan sarangnya meski perutnya keroncongan. Tubuhnya dibiarkan kotor dan kurus yang memberikan bukti keikhlasan hatinya mengemban tugas mulia sebagai calon '"orang tua". Bila sang induk tidak sabar menjalani proses itu, telur-telur itu akan busuk dan tidak ada gunanya. Telur gagal itu tidak bisa diolah lagi menjadi hidangan makanan. Baunya yang menyengat akibat gagal menetas itu hanya layak untuk dibuang ke tempat sampah.


Ular



Spoiler for Ular:
Ular puasa? Binatang melata ini sesungguhnya terkenal rakus. Mereka senang makan hewan apa saja. Tikus, kelinci, kodok, burung, kadal, adalah santapan lezat bagi ular. Bahkan, ular-ular besar seperti jenis piton (phyton), sanggup melahap anak kerbau sekali telan. Ular bisa memangsa hewan bertubuh besar, karena tidak memiliki tulang rahang. Dan, ia dapat membuka mulutnya sampai lebar sekali. Tapi ketika ular sudah makan binatang besar, gerakannya jadi lamban. Itu karena perutnya butuh waktu lama untuk menerima mangsa besar. Selama itu, ia tahan tidak makan minum atau berpuasa selama berhari-hari, bahkan sampai 2-3 minggu.Ular juga berpuasa saat ganti kulit, tidak meninggalkan tempatnya selama satu- dua pekan. Setelah tidak makan dalam kurun waktu lama, ular mendapatkan kulit yang lebih baik, lebih segar dan kembali bergerak lincah.


Unta



Spoiler for Unta:
Bagaimana dengan unta? Nah, kekuatan puasa hewan padang pasir ini lebih dahsyat lagi. Ia terbiasa tidak makan minum selama berhari-hari, sambil berjalan berpanas-panas, melintasi padang pasir yang gersang. Unta menjadikan punuknya sebagai tempat penyimpan air dan makanan yang ia telan. Punuk adalah dua benjolan di punggung hewan ini. Kalau punuknya tampak kempes, berarti persediaan makanan di tubuhnya mulai menipis.


Kukang




Binatang hutan bernama kukang, juga penggemar kegiatan berpuasa. Hewan ini benar-benar pemalas. Kerja kukang seharian, biasanya hanya tidur, bergelung, atau menggantung di pohon. Meski suasana di sekitarnya ribut, ia tahan tidur sehari semalam, tanpa makan apa-apa. Nah, kalau perutnya sudah benar-benar lapar, barulah ia bangun untuk cari makanan. Setelah makan, ia tidur lagi.


Kalajengking & Tarantula




Spoiler for Kalajengking:

Spoiler for Tarantula:

Hewan yang paling tahan puasa adalah kalajengking.

kalajengking dapat berpuasa tanpa makan tanpa minum selama satu tahun.

Dan saat di teliti, kalajengking ternyata memiliki kantong penyimpanan makanan di dalam perutnya.

Tarantula si laba – laba tak mau kalah dengan kalajengking yang mampu berpuasa selama satu tahun.

Tarantula ternyata dapat berpuasa selama dua tahun.





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9925882

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine