Google Tolak Hapus Video Kebrutalan Polisi

http://www.google.com/logos/high-resolution/elmo-1200x800.jpg
Sebuah badan penegak hukum AS mengajukan petisi kepada Google untuk menarik sebuah video YouTube yang menunjukkan kebrutalan polisi, hal ini terungkap dalam laporan terbaru raksasa web tersebut.

Google mengatakan mereka menolak permintaan tersebut, yang diajukan pada waktu diantara Januari dan Juni tahun ini, meskipun tidak menyebutkan alasan mengapa mereka melakukan penolakan.

"Kami menerima permintaan dari lembaga penegak hukum setempat untuk menghapus video kebrutalan polisi di YouTube, namun kami menolaknya. Secara terpisah, kami menerima permintaan dari lembaga penegak hukum lokal yang berbeda untuk menghilangkan video yang diduga memfitnah aparat penegak hukum, namun kami juga tidak memenuhi permintaan tersebut." tulis Google dalam Laporan Transparansi nya.

Dari 757 item Google yang diminta untuk dihapus oleh pemerintah AS pada paruh pertama tahun 2011, delapan puluh persen termotivasi oleh tuduhan pencemaran nama baik.
http://www.desaingratis.com/wp-content/uploads/2009/11/google-logo-4-1024x702.jpg
Perusahaan mengabulkan 63 persen dari permintaan pemerintah AS. Namun, Google mencatat bahwa mungkin menolak memenuhi permintaan untuk menghapus konten yang dimaksud karena agen gagal untuk mendapatkan perintah pengadilan.

"Beberapa permintaan mungkin tidak cukup spesifik bagi kita untuk mengetahui apa yang ingin dihapus pemerintah (misalnya, URL tidak ada tercantum dalam permintaan), serta permintaan lain yang melibatkan tuduhan pencemaran nama baik melalui surat resmi dari instansi pemerintah, dan bukannya dari perintah pengadilan" tulis Google yang juga menambahkan bahwa biasanya mereka mengandalkan pengadilan untuk memutuskan apakah sebuah pernyataan tersebut termasuk sesuatu fitnah menurut hukum setempat.

Rebecca Rosen dari The Atlantic memuji Google dalam keputusannya untuk menolak permintaan lembaga penegak hukum tersebut, dengan alasan bahwa langkah tersebut menetapkan preseden yang kuat.

Dengan laporan ini, Google tampaknya menunjukkan bahwa pengguna yang memposting video tersebut memiliki perlindungan dari perusahaan itu. Di tempat-tempat seperti Mesir dan Tunisia, penyebaran video menggambarkan kebrutalan pemerintah tampaknya telah memberikan kekuatan baru bagi para demonstran. Jika Google menghapus video tersebut, maka hal tersebut dapat memiliki efek merugikan pada gerakan mereka.

http://2.bp.blogspot.com/-f20qipPVNnU/TZDLrUo6_II/AAAAAAAABuI/e8fvb4z-bwg/s1600/google.gif



sumber :http://www.berita.manadotoday.com/google-tolak-hapus-video-kebrutalan-polisi/10044.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine