Pernah Naik Pesawat Berkecepatan 6.437km/jam?

Headline

London – Pernah membayangkan menaiki pesawat dengan kecepatan lima kali kecepatan suara? Kini mimpi Anda tersebut akan segera menjadi kenyataan.Pesawat penumpang masa depan ini akan membawa Anda dari London ke New York kurang dari satu jam. Pesawat semacam ini diperkirakan selesai pada akhir abad ini dan menjadi bagian upaya menempatkan Inggris sebagai garda depan inovasi dirgantara masa depan.
Pesawat ini diberi julukan 'Bahtera Kerajaan'. Menuju 2075, sejumlah kemajuan dalam rancangan pesawat ini akan muncul. Pesawat yang juga disebut Scramjet ini memiliki mesin jet 'menghirup udara' yang membuatnya mampu membakar bahan bakar dan mengurangi kecepatan udara yang masuk untuk menghasilkan kecepatan.
Scramjet tercepat yang ada saat ini merupakan buatan NASA yang mampu mencapai kecepatan 11.265km/jam. Sejauh ini, pesawat canggih semacam ini tak mampu membawa penumpang. Pasalnya seperti dikutip DM, pesawat pemecah rekor NASA, X-43A, memiliki bentuk menyerupai rudal dibanding pesawat.
Kepala eksekutif Institution of Mechanical Engineers Stephem Tetlow mengatakan, "Kini saatnya bagi industri dan pemerintah untuk fokus pada sektor yang mampu membantu mengangkat ekonomi negara. Ada potensi besar untuk teknologi dirgantara ini." [mor]

A graphic of the airflow over a Nasa scramjet
A graphic of the airflow over a Nasa scramjet
Enlarge Scramjet engine 'combusts' fuel and decelerates the incoming air to produce speed and thrust
Scramjet engine 'combusts' fuel and decelerates the incoming air to produce speed and thrust



sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1789862/pernah-naik-pesawat-berkecepatan-6437kmjam

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine