(HOT) Sekilas tentang Batik Kartun


Mungkin mendengar kata batik yang ada dalam fikiran agan adalah batik dengan berbagai corak dan pakem yang biasa kita kenal. Batik yang di sajikan disini adalah batik dengan corak kontemporer, tidak mengikuti pakem-pakem desain batik yang ada, tetapi dengan desain yang cenderung unik, lucu, dan fullcolour dan ngejreng". Membuat agan berbeda dari yang lainnya, stand out of the crowd...

Secara proses pembuatan, batik ini adalah batik tulis asli dengan proses pengerjaan detail yaitu membuat desain, memindahkan desain ke kain, menyanting, mewarnai, melorot, baru terakhir menjahitnya. Menggunakan kain cotton 100%, pensil, lilin dan pewarna yang diimport dari Jerman sehingga warna pekat, tidak luntur, tidak menimbulkan alergi.

Produk-produk ini tidak available stock, tapi dibuat berdasarkan order ente, gan. Order bisa dilakukan secara satuan ataupun partai besar. Selain contoh yang telah ada di sini, agan bisa order dan menentukan produk, corak, warna, ukuran atau motif sesuai keinginan agan. Agan bisa mengirim contoh gambar/ motif yang diinginkan via email. Karena proses pengerjaannya manual (handmade), juga rumah produksinya melayani untuk eksport, maka jika agan ingin memesan produk tersebut, dibutuhkan waktu sekitar satu bulan penyelesaian sejak agan melakukan pemesanan... Hmm...harus bisa sabar deh...







SEKILAS BATIK TULIS

Apakah batik itu?

Pada dasarnya batik berasal dari istilah bahasa jawa "niba" yang artinya lilin/malam (cairan untuk membuat pola) dan "nitik" yang artinya kurang lebih menulis/ menggambar/ mewarnai pola. Jadi yang disebut batik sebenarnya adalah proses pembuatan menggambar/ mewarnai dengan menggunakan cairan lilin dengan cara ditulis/ digambar (dengan menggunakan canting).

Jadi sebetulnya batik itu pada dasarnya bukan nama desain corak ya?

Ya, tapi nama proses pembuatannya. Walaupun aktivitas membatik sulit diketahui kapan mulainya di Indonesia. Dan kelamaan hal itu bergeser menjadi suatu istilah corak. Seperti yang kita alami sekarang. Makanya jika produk tersebut ada yang mengatakan "aah...ini sih bukan batik" ya sah-sah saja, tapi perlu dilihat lagi konteks asal kata batik itu seperti tersebut di atas. Lalu kalau produk tersebtut dibuat dengan melewati proses menyanting dan segala macam bukan dikatakan batik, jadi,,,namanya apa dong...??

Ada berapa proses pembuatan batik?

Berdasarkan proses pembuatan, maka batik sebagai suatu istilah corak terbagi atas :

* Batik tulis; proses pengerjaan detail yaitu membuat desain, memindahkan desain ke kain, menyanting, mewarnai, melorot, baru terakhir menjahitnya.

* Batik cap; dikerjakan manual menggunakan alat cap dengan design tertentu.

* Batik sablon/ printing; disablon atau di cetak.


Bagaimana cara membedakan batik tulis dan printing?

Keunggulan batik yang asli dengan batik sablon tentunya sangat jauh berbeda. Jika batik asli permukaan kain dibolak balik kualitas warnanya sama karena teknik pewarnaannya dengan pencelupan. Sedangkan batik sablon permukaan kain bolak-baliknya tidak sama terkesan yang satu bergambar sedangkan baliknya polos atau hanya samar. Karena teknik batik sablon pewarnaannya dengan cara menorehkan obat pewarna atau tinta dipermukaan kain saja tidak dicelup. Inilah yang menjadikan batik sablon biasanya cepat luntur karena warna hanya menempel dipermukaan saja tidak meresap keseluruh sel-sel kain.

Karena proses pembuatan dan kualitas hasil itulah mengapa harga batik tulis juga menjadi lebih mahal...



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3611720

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine