Punya CD-ROM nganggur?? Jangan dibuang!! Masuk sini dulu,,


Kemaren ane jalan2 ke google, trus nemu cara bagaimana memanfaatkan CD-ROM yang nganggur, soalnya ane punya 3 CD-ROM yang ga di pake di rumah, dari pada mubadzir mending di bikin eksperimen,, CD-ROM yang nganggur ini bisa kita rubah menjadi CD PLAYER.
Disini TS menjelaskan dengan 2 versi, untuk digunakan di MOBIL dan untuk di KAMAR
Ane dedikasikan thread ini untuk para "LOUNGERS" agar mendapat ilmu yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita semua.

TS berharap agar agan agan dapat memberikan waktunya untuk membaca & memberikan komentar dengan bijak.

SELAMAT MEMBACA & SELAMAT BEREKSPERIMENT
************************************************** **************************************************

Jaman sekarang CD-ROM komputer sudah menjadi barang kuno dimana CD-ROM yang tidak bisa membaca keping dvd menjadi barang jadul. Di pusat-pusat perbelanjaan CD-ROM second paling mahal dihargai 50ribu. Melihat murahnya CD-ROM bekas ini ada baiknya kita memanfaatkannya sebagai cd player di mobil kita.

Alat Yang Dibutuhkan (VERSI MOBIL)

1. CD-ROM 52X
2. Voltage regulator
3. Mini Amplifier


-
CD-ROM 52X bekas , dipilih 52x karena rata2 cd rom 52x sudah memiliki konstruksi yang mampu meredam getaran yang terjadi saat kendaraan bergerak. Di usahakan memilih CD-ROM dengan tombol play, stop , next dan previus. Serta pengaturan volume, namun jika pengaturan volume tidak tersedia tidak maslah karena dapat diatur volumenya dari amplifier nantinya.

-
Voltage regulator merupakan penurun tegangan dari 12V menjadi 5v, sebenarnya tersedia sebuah ic yang dapat melakukan penurunan tegangan ini yaitu ic 7805, namun masalah kualitas sudah pasti lebih baik menggunakan rangkaian karena dapat menahan beban yang lebih tinggi. Jadi lebih baik beli rangkaian voltage regulator yang sudah jadi 12V to 5V biasanya dikisaran 15 ribu.

-
Mini amplifier : output dari CD-ROM sangatlah kecil hanya mampu untuk mengangkat headphones saja, maka untuk mendengarkannya dibutuhkan amplifier sebenarnya tidak hanya menggunakan mini amplifier pake power sekalian juga bisa. Untuk mini amplifier bisa ditebus 35 ribuan.

Cara Pemasangan

CD-ROM memerlukan dua jenis sumber tegangan yaitu +12v dan +5v. Di bagian belakang cd rom terdapat 4 socket kabel power supply, biasanya kabel berwarna merah adalah 5V dan kabel berwarna kuning adalah 12v. Sedangkan kabel berwarna hitam dapat digabungkan dan ditujukan ke Ground atau massa mobil.
Spoiler for picture:


Jika menggunakan rangkaian voltage regulator, ground di gabung juga, kemudian sumber tegangan dari aki masuk ke voltage dan kemudian akan keluar kabel dari voltage regulator (5v) di sambung ke kabel merah. Sumber tegangan untuk kabel kuning (12v) dapat diambil langsung dari sumber tegangan mobil misal dari fuse box atau dari kunci kontak atau dari aki +

Spoiler for picture:


Output AudioOutput audio dari CD-ROM adalah stereo yaitu seperti yang terlihat pada gambar diatas kolom nomer 4, dimana terdapat R G D L.

R = Audio kanan
G = ground untuk audio kanan
D = Ground untuk audio kiri
L = Audio kiri


Kalau ternyata CD-ROM yang anda punya hanya memiliki 3 output audio berarti ground untuk kiri dan kanan dapat digabung yaitu pada pin yang tengah. Output audio dari CD-ROM ini merupakan input bagi Amplifier. Sambungkan kabel output audio pada bagian input amplifier, kemudian output dari amplifier sambungkan ke speaker.

Quote:
Nah setelah instalasi power supply selesai maka dilanjutkan dengan instalasi mini amplifier. Dari CD-ROM biasanya kan udah ada socket untuk audio yang kabel 4 itu, lihat gambar di beri nomer 4 yang ada tulisannya RGDL, kabel yang keluar dari socket itu akan dimanfaatkan sebagai input oleh mini amplifier. Ini gambar jelasnya :

Kemudian set wiring dari output audio CD-ROM ke input amplifier sebagai berikut :


Alat Yang Dibutuhkan (VERSI KAMAR)

1. CD-ROM 52X
2. Power Supply
3. Saklar On - Off


-
CD-ROM di usahakan yang sudah ada tombol next, previous, play, stop, dan sudah mempunyai lubang pigtail headset untuk memasukan colokan speaker

-
Power Supply digunakan sebagai sumber tegangan CD-Rom

-
Saklar On - Off di gunakan untuk memutuskan arus listrik dari power supply

Cara Pemasangan

Pertama, siapkan power supply, trus ambil soket dari power supply yg paling banyak kabelnya. Trus cari kabel yg warna ijo dan abu, klo dah ketemu pasang saklar On - Off (klo ane pake kabel doang di satuin ). kalo udah di pasang saklar nya, agan ambil soket yg kecil yang 4 kabel buat di dicolokin ke CD-ROM nya. Klo udah tinggal colokin power supply ke listrik, trus colokin speaker, trus masukin CD (BUKAN MP3, DVD) tinggal di play deh..

Kumpulan pict nya:
Spoiler for picture:












.: UPDATE :.
UNTUK YANG OPTIK NYA UDAH LEMAH, CD-ROM NYA BISA DI MODIFIKASI MENJADI LACI ELEKTRIK
MAU TAU CARANYA???
TUTORIAL BY: AGAN dtree
Penampakan Laci Elektrik








sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9764493

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine