Gugus 'Bintang Gagal' ditemukan oleh Astronom

Headline
INILAH.COM, Toronto – Astronom Kanada berhasil menemukan gugus lebih dari dua lusin bintang kerdil coklat. Bintang ini seringkali disebut 'bintang gagal' dan melayang bebas di luar angkasa.
Kerdil coklat bukanlah bintang namun juga tak lebih dari planet. Benda angkasa ini menyala terang saat muda dan sinarnya berasal dari panas pembentukan dan mendingin seiring waktu. Kerdil coklat sering kali memiliki atmosfer menyerupai karakteristik serupa planet.
Ilmuwan yakin, kerdil coklat ini membentuk diri seperti bintang untuk mengikat awan gas. Di sisi lain seperti ditulis UPI, sampel terkecilnya membentuk seperti planet di sekitar bintang yang kemudian ditolak.
"Temuan kami menyatakan, obyek yang tak lebih besar dari Yupiter ini bisa terbentuk seperti cara terbentuknya bintang. Kata lainnya, alam punya trik lain menghasilkan obyek planet massal," papar astrofisikawan Ray Jayawardhana dari University of Toronto.
http://216.129.206.165/wp-content/uploads/2011/01/Ray-Jayawardhana.jpg
Di sisi lain, Aleks Scholz dari Dublin Institute of Advanced Studies di Irlandia mengakui, cara terbentuknya benda angkasa ini masih menjadi misteri. [mor]
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/de/8/82/Aleks_Scholz_-_Foto_von_A._Leinen.jpg





sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1785923/astronom-temukan-gugus-bintang-gagal

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine