Cara Jadi Kenek Bis Kota


Kamu tentu tahu bahwa sekarang cari kerjaan itu susah. Jadi kesempatan apapun yang ada harus kamu manfaatkan dengan sangat baik. Salah satu kesempatan karir yang mungkin bisa kamu dapatkan adalah menjadi seorang kenek bis kota. Tapi pertanyaan terbesarnya, apakah kamu siap menjadi kenek? Apakah kamu punya segala kemampuan yang dibutuhkan??! Untungnya kamu baca MBDC.
Berikut adalah skill-skill penting yang harus kamu kuasai agar kamu bisa menjadi kenek bis kota yang ideal!

Sarana Pelengkap

Sebelum kamu naik ke bis, pastikan kamu punya sarana pelengkap yang memadai. Apakah itu? Sarana pelengkap terpenting dari seorang kenek adalah segenggam recehan. Gunanya adalah untuk dikecrekin di deket penumpang yang artinya, "Woy, bayar woy". Selain itu, koin-koin ini juga berguna untuk diketukkan ke jendela bis yang artinya nyuruh supir berhenti karena ada orang yang mau naik atau turun.

Menyebut Rute Bis Kamu Dengan Benar

Sebagai seorang kenek, tentunya kamu sudah harus mengetahui secara pasti rute bis kamu. Tapi sebenarnya yang paling penting adalah, kamu harus bisa menyebut rute bis kamu dengan benar! Hal ini sungguh penting, karena kamu harus bisa meneriakkan rute bis kamu dengan cepat dan bisa diulang berkali-kali. Oleh karena itu, kenek yang baik harus bisa menyingkat nama sebuah rute dengan efektif dan bisa diucapkan dengan cepat. Rumusnya kurang lebih begini:
  1. Sebut HANYA dua suku kata terakhir dari sebuah tujuan, atau
  2. Kalau rute tujuan terdiri dari dua kata, maka hanya sebut kata terakhirnya, atau
  3. Buat singkatan sendiri yang lebih efektif.
Bingung? Contohnya gini:
  1. Kalo tujuan kamu adalah Ciledug, maka yang harus kamu katakan adalah 'ledug'
  2. Kalo tujuan kamu adalah Pondok Labu, maka yang harus kamu katakan adalah 'labu'
  3. Kalo tujuan kamu adalah Blok M, maka yang harus kamu katakan adalah 'Ble'em'
Nah, kalo kamu sudah kuasai apa yang harus kamu katakan, maka kamu harus belajar mengucapkannya dengan sangat cepat! Seperti:
'ledug 'ledug 'ledug!!!
atau
labulabulabu!
atau
Ble'em ble'em ble'em!!!

Trik Menggaet Penumpang

Dengan banyaknya bis yang berute sama (seperti misalnya Metro Mini 610 atau 69) maka persaingan di bidang menggaet penumpang sudah tentu semakin ketat. Kenapa calon penumpang harus naik bis kamu? Apa yang membuat bis kamu lebih baik dari bis-bis lainnya? Di sinilah peran seorang kenek sangat penting! Sebagai seorang kenek, kamu harus bisa 'menjual' bis kamu agar penumpang mau naik ke bis kamu, bukan bis di belakang kamu. Ada dua hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:
1. Bilang Kalo Bis Kamu Kosong / Bisa Duduk
Gak peduli bagaimana keadaan di dalam bis kamu sebenarnya, kamu HARUS bilang ke penumpang kamu kalo bis masih kosong dan mereka bisa duduk! Ucapkan dengan sangat cepat dan meyakinkan hingga si calon penumpang bingung dan tanpa mereka sadari mereka udah naik bis kamu dan ternyata bis kamu penuh dan mereka harus berdiri. Ha! Tertipu!
2. Bilang Kalo Gak Ada Bis
Ini adalah salah satu trik paling penting di buku panduan menjadi kenek. Terkadang kamu gak bisa menggunakan trik bilang bis kamu kosong, karena terkadang bis kamu jelas-jelasan penuh. Gimana caranya maksa para calon penumpang untuk mau berdesak-desakan di dalam bis kamu? Tentu saja bilang kalo gak ada bis lain! Bilang jalanan macet dan gak ada bis, sehingga calon penumpang kamu akan bimbang, karena kemungkinan mereka gak bisa pulang untuk waktu yang lama. Mau gak mau mereka harus naik deh! Ha!

Pentingnya Fisik yang Fit

Kamu kira siapa aja bisa jadi kenek? Salah! Seorang kenek yang baik haruslah memiliki kemampuan fisik yang baik. Dengan kata lain, seorang kenek harus fit! Kenapa seorang kenek harus fit? Karena kamu harus:
  1. Bergelantungan di pinggir bis hanya dengan bergantung pada satu tangan. Tanpa tangan yang kuat, kamu bisa jatuh!
  2. Harus bisa turun di bis dan mendarat dengan sempurna ketika bis belum berhenti dengan sempurna.
  3. Harus bisa lari mengejar bis, karena supir suka jalan seenaknya tanpa mempedulikan kamu.
  4. Ketika bis melambat, kamu harus bisa lari-lari dan berpindah dari pintu depan ke pintu belakang, dan sebaliknya. Kenapa? Tentu saja untuk minta duit dari penumpang-penumpang dong.
Tuh kan, lihat bagaimana kondisi fisik yang fit sungguh penting.

Menjadi Pembuka Jalan

Inilah nilai terpenting dari seorang kenek. Segala kemampuan kamu hampir tidak ada gunanya apabila kamu tidak bisa membuka jalan untuk bis kamu. Membuka jalan ini sungguh penting agar bis kamu bisa melaju dengan cepat, mendahului para saingan! Bagaimana cara kamu menjadi pembuka jalan? Ada dua cara yang lazim dilakukan:
  1. Menghalangi kendaraan dari arah yang berlawanan, sehingga mereka gak bisa lewat (mereka gak mungkin berani nabrak kamu dong) dan bis kamu bisa melenggang dengan damai. Atau,
  2. Dalam keadaan macet, nyuruh mobil-mobil di depan kamu untuk maju (walaupun terkadang terlihat mustahil) supaya bis kamu bisa naik trotoar/lewat pinggir/ngelawan arah/apapun, yang penting bisa lewat dari kemacetan.
Terkadang kamu juga harus kreatif dan berimprovisasi. Pokoknya intinya cuma satu: Bis kamu harus lewat duluan, persetan dengan pengguna jalan lain dan rambu lalulintas.
Demikianlah. Jadi sekarang kamu tahu kan bagaimana sulitnya jadi kenek? Kamu pasti mulai bisa menghargai dan mempertimbangkan karir sebagai kenek dong? Kalo kamu udah jadi kenek senior, mungkin kamu bisa naik pangkat jadi Supir Bis loh! Jadi supir bis dengan kata lain kamu adalah raja jalanan! Luar biasa! Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine