Organisme Raksasa Bersel Satu Ditemukan 10Km Dibawah Laut

Dapatkah anda membayangkan organisme bersel satu yang berukuran sebesar buah mangga. Ini bukanlah fiksi ilmiah, tapi faktanya para ilmuwan telah membuat katalog mahluk hidup bersel satu raksasa dengan ukuran sekitar 4 inci (10cm), di dalam jurang-jurang yang dalam laut. Namun pada eksplorasi terakhir di Palung Mariana, para ilmuwan telah menemukan raksasa sebenarnya dari mahluk bersel satu yang dikenal sebagai xenophyophores.
Xenophyophore
Xenophyophore yang ditemukan di celah laut Galapagos
Xenophyophores ini ditemukan 6,6 mil (10km) di bawah permukaan laut, di Palung Mariana dengan menggunakan kamera bawah laut khusus yang dikembangkan oleh Scripps Institution of Oceanography dan National Geographic, untuk merekam kehidupan di bagian bawah."Identifikasi sel-sel raksasa di salah satu lingkungan laut terdalam di planet ini membuka habitat baru bagi studi lebih lanjut tentang keanekaragaman hayati, potensi bioteknologi dan adaptasi lingkungan yang ekstrim," kata Doug Bartlett, mikrobiologist kelautan Scripps yang mengorganisir ekspedisi Palung Mariana.
Xenophyophores adalah organisme bersel tunggal terbesar yang diketahui, dan telah ditemukan dalam jumlah besar di dasar laut. Namun, karena kerapuhan mereka dan habitat mereka di laut dalam, amatlah sulit untuk mempelajarinya dan masih banyak sejarah alam mereka yang hingga saat ini menjadi teka-teki bagi para ilmuwan.
"Xenophyophores adalah raksasa yang menarik yang beradaptasi sangat baik dengan kondisi ekstrim, namun pada saat yang sama mereka sangat rapuh dan sulit untuk dipelajari," jelas Lisa Levin, direktur Pusat Keanekaragaman Hayati dan Konservasi Laut Scripps.




sumber :http://www.berita.manadotoday.com/organisme-raksasa-bersel-satu-ditemukan-10km-dibawah-laut/9737.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Jelajahi Internet • Design by Dzignine